Sabtu, 30 November 2013

Pengejar Matahari

Halo :D udah lama nggak nulis nih,saya pengen bagi bagi cerita yang mungkin agak monoton ,tapi coba baca dulu deh :)

 Di Temanggung Jawa Tengah, kalo kalian pernah kesana (kalau saya sih tinggal di Temanggung) pasti bakal ngeliat anak sekolah berangkat antara jam 5 - 7 pagi (ini juga biasanya anak sekolah menengah atas,soalnya sekolah menengah atas yang di pinggiran kota dikit banget) dan itu biasanya naik angkot atau bis (di Temanggung ada 2 jenis bis yang biasa kami sebut endel dan engkel,perbedaanya kalau endel itu pintu masuk nya cuma ada 1 dan jurusannya cuma Parakan sampe Secang, kalo engkel pintu masuknya 2 dan jurusannya Wonosobo/Sukorejo sampek terminal Magelang)


 Ini yang Engkel

ini yang endel

nah, tapi kita nggak ngomongin bis kok, kita ngomongin soal angkutan kotanya. tiap pagi kalo kalian lewat jalur Bulu - Jalan Kartini pasti nggak asing sama angkot yang penuh, sampek sampek pada gelantungan gitu kan? nah kebetulan tiap pagi saya naik angkot nih, ada beberapa supir angkot yang saya rasa pembalap beberapa dari mereka itu Pak Harjo, Pak Rofik, Pak Safa' . nah 3 orang ini tiap pagi pasti ngebut. nggak tau deh apa yang dikejar. Pak Rofiq yang paling santai dari ke 3 nya, paling pendiem juga sih. Yang lain kalo ngebut jago gila sampek sampek kadang kita kaget gara gara ngerem mendadak.

 Ada lagi namanya Pak Asmudi nah dia ini yang paling tawakal soalnya kayak nggak buru buru ngejar setoran dan tiap saya naik itu pasti dapet "dakwah" dari si bapak ini. Inti dari semuanya sih bersyukur dan bersyukur dan dia juga palijng sebel kalo ada yang naik motor ugal ugalan. Katanya dulu tuh motor nggak sebanyak ini, sekarang malah banyak banget udah gitu ugal ugalan lagi. ada lagi (ini nih yang keren) lupa nanya namanya tapi dia udah nyupir angkot lama. Sempet tanya tanya waktu awal BBM naik itu,katanya dia udah nyupir dari sebelum nikah sampek sekarang anak yang paling besar kuliah di IPB. Si anak dari Bapak ini waktu SMA udah dapet Beasiswa dan sekarang kuliah itu dapet BIDIK MISI sekaligus (mungkin pinter kali yah) jadi asisten dosen disana. Hebat ya!

Tiap pagi saya naik angkot yang beda,sampek apal jam berapa mereka lewat. Dan kalo boleh curhat saya suka naek angkot yang terkesan sepi walopun penuh sampek tumpeh tumpeh (maksudnya si penumpang nggak cerewet satu sama lain).  Kebanyakan supir padahal gasuka kalo ada penumpang yang nggantung di samping pintu,takutnya si penumpang ini kalo ketahuan polisi pasti suruh turun. tapi tetep aja kalo anak smp masih pada suka nggantung gitu di samping pintu mobil, dan pasti kalian yang pernah naik angkot paling gasuka kaqlo dapet angkot yang ngetemnya lama, iya kan? nah saya pun begitu. tapi mau gimana lagi, pernah baca di salah satu angkot ada stiker "ora sabar,mabur wae bos" artinya 'kalo nggak sabar,terbang aja bos' cukup nyindir kan, emang kampret tuh yang bikin hahaha. 

Tapi bagian yang nyentuh itu ketika pagi saya berangkat sekolah terus ada yang turun di salah satu SMA di Temanggung lah, si anak ini pas bayar pake duit rp. 2.000,00 dan si supir mau ngasih kembalian, anak itu nggak mau, terus si supir ini senyum sambil bilang makasih. Keliatan banget si supir ini seneng sob.

Bingung ya dari tadi ngomong ngalor ngidul soal angkot di Temanggung, terus apa sih inti dari semua ini?

Di tempat saya supir angkot udah jadi bagian hidup anak anak sekolah kota Temanggung. Tanpa mereka kami berangkat sekolah pasti lebih mahal lagi atau mungkin akan dituntut punya motor dan mobil sendiri, padahal gak semua orang punya duit. "gimana kalo naik sepeda?" lu pikir jalan di temanggung itu lempeng,lurus nggak ada tanjakan? di sini tanjakan ada ratusan, emang sih kalo niat pasti bisa dan nggak begitu capek. iya buat yang sekolahnya deket emang nggak capek, kalo hujan pagi? inget ga ada angkot, nebeng iye -_-. Pernah di ceritain Pak Asmudi salah satu anak yang suka naik angkot dia sekarang udah jadi polisi dan itu fakta saya pernah ketemu sekali dan beneran jadi polisi lalu lintas. si pak Asmudi ini bilang "seneng nek weruh bocah sing mbiyen sok melu,saiki dadi uwong njuk isih kelingan karo aku" artinya 'seneng kalo liat anak yang dulu sering ikut (angkotnya) ,sekarang jadi orang sukses terus masih inget sama aku'. 

jadi intinya? 
Bapakmu jadi supir angkotpun syukuri aja bro, mereka nganter anak anak nyari ilmu dan dapet pahala juga dari itu. jasa mereka juga patut diperhitungkan loh. coba aja pikir pagi pagi udah berangkat kerja nyupir angkot demi kalian juga anak anaknya dan demi si anak anak sekolah juga kan? jangan remehin supir angkot juga kalian yang suka ugal ugalan, mereka lebih mulia daripada kalian yang bisanya nya ngabisin duit buat hal ga guna!
intinya beneran nih. bersyukur dengan apa yang ada, hargai orang lain, soalnya belum tentu kita bisa nyamain jasa mereka yang kita remehin :). 




-END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar